SISTEM ONLINE PEMBELIAN TIKET BUS KRAMAT DJATI
BAB I PENDAHULUAN
Pada awalnya komputer hanyalah sebuah alat
yang digunakan untuk menghitung
angka – angka yang
tidak dapat dihitung dengan cepat oleh manusia sehingga manusia membuat
kalkulator sebagai alat hitung cepat. Para ahli telematika dan ahli teknologi
mengembangkan komputer dengan pesat hingga dapat membuat suatu pemikiran –
pemikiran yang tidak dapat dilakukan oleh manusia. Seiring dengan perkembangan
teknologi, dimana komputer bisa mempermudah segala pekerjaan, memberikan
informasi dan melancarkan kegiatan kerja muncullah pemikiran membuat suatu
sistem yang tidak dibatasi oleh jarak, wilayah dan waktu dan itu dibantu oleh
suatu jaringan yang luas dan terbuka bagi siapapun untuk mengaksesnya, jaringan
tersebut dinamakan internet. Saat ini teknologi internet sudah menjadi suatu
kebutuhan yang sangat penting bagi setiap individu, semua dapat mengakses dan
menemukan segala informasi yang ada di seluruh dunia dengan cepat dan mudah.
Tidak bisa dipungkiri bahwa internet sudah menjadi kebutuhan utama yang sangat
membantu dan meringankan pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari hari.
Dalam
dunia bisnis, internet digunakan sebagai alat penghubung yang sangat praktis
untuk komunikasi antar perusahaan dengan para pelanggan tanpa harus memikirkan
antara jarak, waktu dan lokasi. Sebagai contoh apabila ingin melakukan
transaksi seperti membeli dan memesan melalui internet sangat cepat walaupun
tentunya harus melewati langkah-langkah pembayaran yang berbeda beda, seperti
menggunakan metode pembayaran lewat paypal, kartu kredit, debit master dan
berbagai jenis metode lain. Tentunya cukup praktis dan sederhana tanpa harus
datang langsung untuk melakukan pembayaran ditempat yang membutuhkan lama waktu
dan biaya. Keunggulan internet bagi sebuah instansi atau perusahaan juga sangat
beraneka ragam. Internet juga dapat menjadi sarana penyaluran sumber informasi yang
sangat bermanfaat untuk perusahaan sebagai pengembangan strategi perusahaan,
media promosi dan banyak hal lainnya. Salah satu contoh hasil pemikiran adalah
sebuah Aplikasi pemesanan tiket BUS berbasis WEB.
Dalam
pelaksanaan pemesanan tiket diperlukan kinerja yang baik dan sistem yang
mendukung semua proses tersebut sehingga memberikan hasil yang maksimal. Sistem
tersebut dibuat berdasarkan pelaksanaan transaksi pemesanan secara manual yang
digunakan agen bus tersebut. Pada kesempatan kali ini, akan membahas mengenai
perusahaan PT LORENA KARINA TRANSPORT. Pada sistem lama proses promosi dan
pemesanan tiket pada perusahaan ini sudah berjalan dengan sebuah sistem atau
website akan tetapi untuk pemrosesan transaksinya seperti pemesanan, penjualan,
penyusunan laporan masih berjalan manual sehingga terkadang membutuhkan waktu
yang lama, tidak efisien sehinggga menyebabkan banyaknya data yang tidak sesuai
dan terjadi kehilangan data dan banyak kasus lainnya.
BAB II PEMBAHASAN
1.
Profil KRAMAT DJATI
Kramat Djati
Sebelumnya dikenal sebagai sumber Djaja, perusahaan transportasi yang bergerak
dalam bidang ternak dan angkutan, telah berkembang menjadi perusahaan
transportasi yang paling maju yang telah mencapai 45 % pasar
nasional.
Kramat
Djati berdri pada tahun 1968 oleh arief budiman dengan membuka satu jurusan
yaitu Bandung-Jakarta. Kemudian pada tahun 1970 menambah lagi jurusan baru
yaitu jurusan Jakarta. Pada tahun 1975 membuka jurusan lagi yaitu jurusan
Bandung – Merak. Tahun demi tahun perusahaan Kramat Djati semakin
maju dan berkembang. Pada tahun 1986 Kramat Djati membuka layanan baru yaitu
dengan adanya bus malam cepat yang menjangkau 3 propinsi
jawa tengah, jawa timur dan yogyakarta. Jurusan Bandung - Bali dibuka pada
tahun 1990.
Akhirnya pada tahun 1995 Kramat Djati melakukan perubahan bentuk
perusahaan menjadi perseroan terbatas dan menambah nama yaitu menjadi Kramat
Djati Asri Sejati. Setelah itu Kramat Djati juga menembus pasar sumatra dengan
tujuan lampung, palembang, pekanbaru dan bengkulu pada tahun 1996, kemudian
pada tahun 2000 memperluas pasar kesebelah timur dengan membuka jurusan Bandung
– Mataram.
Dengan membuat
beberapa perubahan selama 15 tahun terakhir, Kramat Djati
berkembang dan meningkatkan kualitas pelayanannya, dimulai dari satu jurusan
pada tahun 1968 sekarang telah memiliki 70 jurusan yang menjangkau Bali, Jawa,
dan Sumatra. Kramat Djati merupakan salah satu perusahaan yang berkembang pesat
dalam bidang industri transportasi. Dengan pengalaman dan dedikasinya kepada
masyarakat Kramat djati senantiasa mengembangkan kualitas layanannya untuk
kepuasan pelanggan. Misi dari Kramat Djati ini adalah menjadi
perusahaan yang dapat pelayanan transportasi yang terpercaya bagi masyarakat
2. LANGKAH-LANGKAH PEMBELIAN TIKET ONLINE
Untuk dapat melakukan transaksi ini
ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu :
a. Rek
Tahapan BCA & BCA Card yang aktif.
b. Account
KlikBCA yang sudah didaftarkan pada BCA KlikPay.
c. Koneksi
Internet.
d. Internet
Explorer, mozilla firefox, google chrome, dll
·
Berikut adalah tampilan awal website kramatdjati untuk aplikasi penjualan
online, jika Anda bisa melihat tampilan diatas berarti Anda berhasil masuk ke
aplikasi penjualan online.
·
Selanjutnya
pada menu pembelian tiket bis click/ Pilih “ Tanggal Bulan Tahun anda berangkat serta dari
mana Kota Berangkat & Kota Tujuan anda “.
·
Pada
bagian paling bawah terdapat tampilan seperti ini, Jangan lupa beri tanda
centang pada checkbox sebagai konfirmasi bahwa anda menerima syarat dan
ketentuan daari Kramat Djati. Setelah itu anda bisa klik pada tulisan yang
berada paling bawah
·
Jika anda ingin
mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku, anda bisa klik pada tulisan
“syarat dan ketentuan” kemuadian akan muncul tampilan seperti ini.
·
Selanjutnya anda klik
buy ticket. Pada tampilan ini, anda harus memilih tempat duduk yang akan
dipesan dan lokasi keberangkatan. Adapun cara untuk memilih kursi yang akan
ditempati adalah dengan meng klik nomor tempat duduk.
·
Setelah
itu setelah itu tampil form isian untuk diisi data yang akan dicetak pada tiket
elektronik. Klik “Lanjut” Perhatikan lokasi berangkat dan jam berangkat yang telah
dipilih. Sehingga penumpang tidak tertinggal bForm pemesanan, merupakan sebuah
form lanjutan dari menu pencarian tiket. Pada form ini, anda bebas memilih dan
melakukan proses pemesanan sesuai dengan hasil yang dicari pada menu pencarian
tiket sebelumnya
·
Setelah
mengisi form selesai maka anda akan dibawa kelayar selanjutnya untuk melakukan
transaksi pembayaran. Jangan lupa beri tanda centang pada checkbox sebagai
konfirmasi bahwa data yang anda isi sudah sesuai dan anda bersedia melakukan
pembayaran dengan menggunakan BCA Klikpay. Klik tombol “ BCA KlikPay” kemudian klik lanjut.
·
Jika anda belum memiliki rekening di atas (BCA, Mandiri, BRI) maka anda
tidak bisa melakukan transaksi lebih lanjut, karena Kramat Djati menggunakan
jasa perbankan di atas dalam menyediakan pelayanan transaksi penjualan tiket
online, sehingga akan muncul tampilan seperti ini.
·
Dalam melakukan transaksi pembayaran saya
tidak dapat melakukannya karena saya tidak memiliki rekening di salah satu jasa
perbankan diatas, maka transaksi berikutnya saya menggunakan nama Heru. Pada proses selanjutnya
sistem akan melakukan proses pemesanan tiket dan melanjutkan ke halaman Login “ BCA KlikPay “
·
Login dengan email dan
password yang sudah diregistrasikan terlebih dahulu. Untuk tata cara dan
panduan registrasi KlikPay BCA bisa langsung kilk www.klikbca.com
·
Setelah Login pada BCA
KlikPay, maka akan muncul halaman informasi tentang merchant dan data-data yang
telah dimasukan. Pilih jenis pembayaran yang akan digunakan KlikBCA atau Kartu kredit
BCA. Ketika sudah menentukan jenis pembayaran maka langkah selanjutnya adalah
klik tombol “Kirim“ sampai
muncul layar otentifikasi dan verifikasi.
·
Pada
tahap ini akan diminta memasukan kode OTP yang yang dikirim melalui SMS.
Transaksi akan dianggap berhasil setelah ada notifikasi keberhasilan di web
BCAKlikPay.
1.
SISTEM
Pada perancangan sistem ini digambarkan dengan bagan
alir sistem (flowchart). Flowchart yang
merupakan alat berbentuk grafik yang dapat digunakan untuk menunjukkan urut–urutan
kegiatan dari sistem informasi berbasis komputer. Digunakan terutama sebagai
alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.
a)
Dfd (data flow diagram) adalah salah satu alat pembuatan model yan
sering digunakan sebagai alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya
pada fungsi sistem.
·
DFD level 1
·
Dfd level 2 subprocess info bus
·
Dfd level 2 sub process pemesanan bus
·
DFD level 2 subprocces maintenance
a) ERD CDM (Entity
Relationship Diagram Conceptual Diagram Model)
1.
KEUNTUNGAN DENGAN ADANYA SISTEM ONLINE
Berdasarkan
|
Sistem lama
|
Sistem baru
|
Kinerja
|
Dalam proses
pelayanan pemesanan tiket bus membutuhkan waktu 8-12 menit perorangnya.
Untuk
membuat laporan dibutuhkan waktu yang sangat lama yaitu maksimal 60 menit
|
Pemesanan tiket
bus online melalui website dan sms membutuhkan waktu kurang dari 5 menit
Untuk
membuat laporan diperlukan waktu yang relatif cepat yaitu 3 menit
|
Informasi
|
Informasi yang
ditampilkan pada sistem lama jarang diperbaharui karena minimnya
pengetahuandan tidak adanya petugas khusus yang bekerja untuk mengurus
website.
|
Informasi yang
ditampilkan harus selalu diperbaharui karena sangat mempengarui proses
promosi, penjualan sehingga diperlukan petugas khusus dalam website ini.
|
Ekonomi
|
Dalam sistem
lama, proses penjualan masih berjalan dengan manual, jadi dalam waktu lama
proses pencetakan tiket membutuhkan biaya yang cukup besar bagi perusahaan.
|
Dalam jangka
panjang lebih sedikit karena biaya cetak tiket secara otomatis akan
dibebankankepada para penumpang karena bersifat “tiket cetak sendiri”.
|
Pengendalian
|
Dalam proses
pemesanan tiket manual masih sulit untuk dikontrol sehingga ada kemungkinan
terjadi kerusakan dan kehilangan data
|
Sistem akan mudah
mengkontrol dalam proses pemesanan dan penjualan sehingga kemungkinan
terjadinya kesalahan hanya kecil.
|
Efisiensi
|
Dalam penyusunan
laporan penjualan tiket masih menggunakan proses manual sehingga
apabilaterjadi kesalahan, maka akan mengulangi kembali perhitungan dari awal.
|
Sistem yang akan
dikembangkan akan jauh lebih efisien karena penyusunan laporan dapat
diproseskan secara otomatis.
|
Servis
|
Pelayanan kurang
maksimal terutama dalam proses pemesanan karena calon pelanggan yang ingin
mengetahui harga dan melakukan pemesanan harus datang ke kantor penjualan PT
LORENA KARINA TRANSPORT terdekat.
|
Pelayanan menjadi
lebih maksimal dan cepat karena calon pelanggan tidak perlu datang langsung
ke kantor penjualan tapi bisa melakukan pemesanan langsung melalui akses
website dan sms gateway.
|
BAB III PENUTUP
KESIMPULAN
Aplikasi
system pemesanan tiket dengan menggunakan website dapat di gunakan sebagai
sarana penyampaian informasi tentang BUS, terminal, keberangkatan dan lain sebagainya.
Website merupakan media yang tepat untuk PT KRAMAT JATI dalam memberikan
pelayanan yang memudahakan bagi pelanggan untuk melakukan pemesanan tiket. Dengan
adanya website pemesanan tiket online dapat meningkatkan volume penjualan tiket
bagi perusahaan.PT KRAMAT JATI membutuhkan sistem yang memberikan pelayanan
kepada pelanggan berupa website yang dapat diakses 24 jam nonstop sehingga
pelanggan dapat mengakses tanpa batasan jarak dan waktu. Dengan dibuatkannya
website pemesanan tiket online dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan citra
perusahaan.
Saran
Melakukan
kerjasama dengan pihak bannk untuk pemesanan dan pembatalan tiket dan terus
membuat inovasi untuk menyempurnakan aplikasi, menambahkan sistem keamanan.
makasih sob, izin di kopas ya....
ReplyDeleteSangat membantu
ReplyDeleteTerakbulantiket.com
kalo internetnya mati, atau servernya down, ya wassalam lah, balik maning ke loket agen,
ReplyDeletesalam...boleh saya hendak source codenya?
ReplyDeletekalo bisnya jurusan ke malang ada ga ???
ReplyDeletembak boleh minta contoh database phpmyadminya ngak sekalian skrip php nya...? hehehe
ReplyDeleteasaamualaikum,,
ReplyDeletembak boleh minta database sama source codenya gak,,
buat beljar nih mbak soalnya ada tugas buat website..
klo boleh krimin ya mbak..
mkasih sblmnya :)
berapa biaya pembangunan sistem ini mbak.. kami bisa untuk pemasangan untuk travel bis di makassar
ReplyDeletekami bisa share mbak... via hp.. 081343862837.. untuk penggunaan sistem reservasi online bus...
ReplyDelete PUSAT PEMESANAN TIKET MUDIK 2015
ReplyDelete SUDAH TERPERCAYA SEJAK 2002
AC. DVD. KARAOKE REC SEAT 2 -3
Tiket Umum Siapa Saja Boleh BIS PARIWISATA AC REC SEAT 2 - 3
Pejagan – Ketanggungan – Prupuk – BumiAyu – AjiBarang – Purwokerto – Rawalo – Buntu – Sumpiuh – Gombong (TGL 14 JULI 2015 JAM 7 MALAM DAN JAM 9 MALAM)
Rp.250.000
Salatiga – Boyolali – Solo
Rp.280.000
Salatiga – Gemolong – Sragen
Rp.280.000
BanjarNegara – Wonosobo
Rp.280.000
Purworejo – Wates – Yogya – Prambanan
Rp.280.000
Sragen – Ngawi – Madiun – Nganjuk – Kertosono – Jombang
Rp.300.000
Madiun - Ponorogo
Rp.300.000
Kediri – Blitar – Kepanjen – Malang
Rp.350.000
Pacitan
Rp.320.000
Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Blora
Rp.280.000
Purwodadi – Cepu – BojoNegoro – Babat
Rp.280.000
Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya
Rp.320.000
http://rajatiketbus.blogspot.com/
VIA TOL: CIKAPALI (TOL BARU CIKAMPEK – CIREBON )
VIA TOL: CILEUNYI (NAGREK)
BERANGKAT
TGL: 11,12,13,14,15 DAN 16 JULI 2015
JAM 9 PAGI DAN JAM 7 MALAM.DAN JAM 10 MALAM
Pemberangkatan lap.SepakBola Perum Telaga Harapan
Arus balik dari jatim ke cibitung/cikarang tgl 25 juli 2015
Pemesana Tiket Dan Kantor Pemesanan
Perum Telaga Harapan Jl.Telaga Wangi 2 Blok. F6/6 Cibitung Cikarang Barat Bekasi
Jam Buka: jam 8 pagi s/d jam 10 Malam (Buka Setiap Hari)
Hotline:Bpk.Agus Yulianto 081398672755-081806727696-085717777686 PinBB:30CC9B84
kak bole minta aplikasi nya ngga ? buat bahan referensi saya pada matakuliah proyek 1 sy , krna jdul sy mirip sm punya kakak, sy sistem informasi pemesanan tiket bus ALS
ReplyDeletekak bole minta aplikasi nya ngga ? buat bahan referensi saya pada matakuliah proyek 1 sy , krna jdul sy mirip sm punya kakak, sy sistem informasi pemesanan tiket bus ALS
ReplyDeleteminta source kodenya boleh?....
ReplyDeleteBuat Uji kopetensi kejuruan soalnya
Deletekak boleh minta data basenya sama code buat bljr
ReplyDeleteminta source kodenya dong kak
ReplyDeleteKak minta source code dan databasenya dong
ReplyDeleteKak boleh minta kontaknya, mungkin kita bisa join bisa kerjsama juga. terima kasih :)
ReplyDeleteHalo kak..Boleh minta source code & databasenya?
ReplyDelete