Sunday 16 June 2013

SISTEM ONLINE PEMBELIAN TIKET BUS KRAMAT DJATI

SISTEM ONLINE PEMBELIAN TIKET BUS KRAMAT DJATI

BAB I PENDAHULUAN

Pada awalnya komputer hanyalah sebuah alat yang digunakan untuk menghitung
angka – angka yang tidak dapat dihitung dengan cepat oleh manusia sehingga manusia membuat kalkulator sebagai alat hitung cepat. Para ahli telematika dan ahli teknologi mengembangkan komputer dengan pesat hingga dapat membuat suatu pemikiran – pemikiran yang tidak dapat dilakukan oleh manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi, dimana komputer bisa mempermudah segala pekerjaan, memberikan informasi dan melancarkan kegiatan kerja muncullah pemikiran membuat suatu sistem yang tidak dibatasi oleh jarak, wilayah dan waktu dan itu dibantu oleh suatu jaringan yang luas dan terbuka bagi siapapun untuk mengaksesnya, jaringan tersebut dinamakan internet. Saat ini teknologi internet sudah menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap individu, semua dapat mengakses dan menemukan segala informasi yang ada di seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Tidak bisa dipungkiri bahwa internet sudah menjadi kebutuhan utama yang sangat membantu dan meringankan pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari hari.
Dalam dunia bisnis, internet digunakan sebagai alat penghubung yang sangat praktis untuk komunikasi antar perusahaan dengan para pelanggan tanpa harus memikirkan antara jarak, waktu dan lokasi. Sebagai contoh apabila ingin melakukan transaksi seperti membeli dan memesan melalui internet sangat cepat walaupun tentunya harus melewati langkah-langkah pembayaran yang berbeda beda, seperti menggunakan metode pembayaran lewat paypal, kartu kredit, debit master dan berbagai jenis metode lain. Tentunya cukup praktis dan sederhana tanpa harus datang langsung untuk melakukan pembayaran ditempat yang membutuhkan lama waktu dan biaya. Keunggulan internet bagi sebuah instansi atau perusahaan juga sangat beraneka ragam. Internet juga dapat menjadi sarana penyaluran sumber informasi yang sangat bermanfaat untuk perusahaan sebagai pengembangan strategi perusahaan, media promosi dan banyak hal lainnya. Salah satu contoh hasil pemikiran adalah sebuah Aplikasi pemesanan tiket BUS berbasis WEB.
Dalam pelaksanaan pemesanan tiket diperlukan kinerja yang baik dan sistem yang mendukung semua proses tersebut sehingga memberikan hasil yang maksimal. Sistem tersebut dibuat berdasarkan pelaksanaan transaksi pemesanan secara manual yang digunakan agen bus tersebut. Pada kesempatan kali ini, akan membahas mengenai perusahaan PT LORENA KARINA TRANSPORT. Pada sistem lama proses promosi dan pemesanan tiket pada perusahaan ini sudah berjalan dengan sebuah sistem atau website akan tetapi untuk pemrosesan transaksinya seperti pemesanan, penjualan, penyusunan laporan masih berjalan manual sehingga terkadang membutuhkan waktu yang lama, tidak efisien sehinggga menyebabkan banyaknya data yang tidak sesuai dan terjadi kehilangan data dan banyak kasus lainnya.



BAB II PEMBAHASAN

1.      Profil KRAMAT DJATI       
Kramat Djati Sebelumnya dikenal sebagai sumber Djaja, perusahaan transportasi yang bergerak dalam bidang ternak dan angkutan, telah berkembang menjadi perusahaan transportasi yang paling maju yang telah mencapai  45 % pasar nasional.
Kramat Djati berdri pada tahun 1968 oleh arief budiman dengan membuka satu jurusan yaitu Bandung-Jakarta. Kemudian pada tahun 1970 menambah lagi jurusan baru yaitu jurusan Jakarta. Pada tahun 1975 membuka jurusan lagi yaitu jurusan Bandung – Merak. Tahun demi tahun  perusahaan Kramat Djati semakin maju dan berkembang. Pada tahun 1986 Kramat Djati membuka layanan baru yaitu dengan adanya bus malam cepat yang menjangkau  3  propinsi jawa tengah, jawa timur dan yogyakarta. Jurusan Bandung - Bali dibuka pada tahun 1990.
Akhirnya pada tahun 1995 Kramat Djati melakukan perubahan bentuk perusahaan menjadi perseroan terbatas dan menambah nama yaitu menjadi Kramat Djati Asri Sejati. Setelah itu Kramat Djati juga menembus pasar sumatra dengan tujuan lampung, palembang, pekanbaru dan bengkulu pada tahun 1996, kemudian pada tahun 2000 memperluas pasar kesebelah timur dengan membuka jurusan Bandung – Mataram.
 Dengan membuat beberapa  perubahan  selama 15 tahun terakhir, Kramat Djati berkembang dan meningkatkan kualitas pelayanannya, dimulai dari satu jurusan pada tahun 1968 sekarang telah memiliki 70 jurusan yang menjangkau Bali, Jawa, dan Sumatra. Kramat Djati merupakan salah satu perusahaan yang berkembang pesat dalam bidang industri transportasi. Dengan pengalaman dan dedikasinya kepada masyarakat Kramat djati senantiasa mengembangkan kualitas layanannya untuk kepuasan pelanggan.  Misi dari Kramat Djati ini adalah menjadi perusahaan yang dapat pelayanan transportasi yang terpercaya bagi masyarakat

2.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELIAN TIKET ONLINE
Untuk dapat melakukan transaksi ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu :
a.       Rek Tahapan BCA & BCA Card yang aktif.
b.      Account KlikBCA yang sudah didaftarkan pada BCA KlikPay.
c.       Koneksi Internet.

d.      Internet Explorer, mozilla firefox, google chrome, dll


·         Berikut adalah tampilan awal website kramatdjati untuk aplikasi penjualan online, jika Anda bisa melihat tampilan diatas berarti Anda berhasil masuk ke aplikasi penjualan online.


·         Selanjutnya pada menu pembelian tiket bis click/ Pilih “ Tanggal Bulan Tahun anda berangkat serta dari mana Kota Berangkat & Kota Tujuan anda “.

·         Pada bagian paling bawah terdapat tampilan seperti ini, Jangan lupa beri tanda centang pada checkbox sebagai konfirmasi bahwa anda menerima syarat dan ketentuan daari Kramat Djati. Setelah itu anda bisa klik pada tulisan yang berada paling bawah
·         Jika anda ingin mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku, anda bisa klik pada tulisan “syarat dan ketentuan” kemuadian akan muncul tampilan seperti ini.
·         Selanjutnya anda klik buy ticket. Pada tampilan ini, anda harus memilih tempat duduk yang akan dipesan dan lokasi keberangkatan. Adapun cara untuk memilih kursi yang akan ditempati adalah dengan meng klik nomor tempat duduk.
·         Setelah itu setelah itu tampil form isian untuk diisi data yang akan dicetak pada tiket elektronik. Klik “Lanjut” Perhatikan lokasi berangkat dan jam berangkat yang telah dipilih. Sehingga penumpang tidak tertinggal bForm pemesanan, merupakan sebuah form lanjutan dari menu pencarian tiket. Pada form ini, anda bebas memilih dan melakukan proses pemesanan sesuai dengan hasil yang dicari pada menu pencarian tiket sebelumnya
·         Setelah mengisi form selesai maka anda akan dibawa kelayar selanjutnya untuk melakukan transaksi pembayaran. Jangan lupa beri tanda centang pada checkbox sebagai konfirmasi bahwa data yang anda isi sudah sesuai dan anda bersedia melakukan pembayaran dengan menggunakan BCA Klikpay. Klik tombol “ BCA KlikPay” kemudian klik lanjut.
·         Jika anda belum memiliki rekening di atas (BCA, Mandiri, BRI) maka anda tidak bisa melakukan transaksi lebih lanjut, karena Kramat Djati menggunakan jasa perbankan di atas dalam menyediakan pelayanan transaksi penjualan tiket online, sehingga akan muncul tampilan seperti ini.
·         Dalam melakukan transaksi pembayaran saya tidak dapat melakukannya karena saya tidak memiliki rekening di salah satu jasa perbankan diatas, maka transaksi berikutnya saya menggunakan nama Heru. Pada proses selanjutnya sistem akan melakukan proses pemesanan tiket dan melanjutkan ke halaman Login “ BCA KlikPay “


·         Login dengan email dan password yang sudah diregistrasikan terlebih dahulu. Untuk tata cara dan panduan registrasi KlikPay BCA bisa langsung kilk www.klikbca.com
·         Setelah Login pada BCA KlikPay, maka akan muncul halaman informasi tentang merchant dan data-data yang telah dimasukan. Pilih jenis pembayaran yang akan digunakan KlikBCA atau Kartu kredit BCA. Ketika sudah menentukan jenis pembayaran maka langkah selanjutnya adalah klik tombol “Kirim“ sampai muncul layar otentifikasi dan verifikasi.
·         Pada tahap ini akan diminta memasukan kode OTP yang yang dikirim melalui SMS. Transaksi akan dianggap berhasil setelah ada notifikasi keberhasilan di web BCAKlikPay.
1.      SISTEM
Pada perancangan sistem ini digambarkan dengan bagan alir sistem (flowchart). Flowchart  yang merupakan alat berbentuk grafik yang dapat digunakan untuk menunjukkan urut–urutan kegiatan dari sistem informasi berbasis komputer. Digunakan terutama sebagai alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.

a. sistem flowchart




a)      Dfd (data flow diagram) adalah salah satu alat pembuatan model yan sering digunakan sebagai alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.

·         DFD level 1
·         Dfd level 2 subprocess info bus
·         Dfd level 2 sub process pemesanan bus
·         DFD level 2 subprocces maintenance
a)      ERD CDM (Entity Relationship Diagram Conceptual Diagram Model)
1.      KEUNTUNGAN DENGAN ADANYA SISTEM ONLINE
Berdasarkan
Sistem lama
Sistem baru
Kinerja
Dalam proses pelayanan pemesanan tiket bus membutuhkan waktu 8-12 menit perorangnya.
Untuk membuat laporan dibutuhkan waktu yang sangat lama yaitu maksimal 60 menit
Pemesanan tiket bus online melalui website dan sms membutuhkan waktu kurang dari 5 menit
Untuk membuat laporan diperlukan waktu yang relatif cepat yaitu 3 menit
Informasi
Informasi yang ditampilkan pada sistem lama jarang diperbaharui karena minimnya pengetahuandan tidak adanya petugas khusus yang bekerja untuk mengurus website.

Informasi yang ditampilkan harus selalu diperbaharui karena sangat mempengarui proses promosi, penjualan sehingga diperlukan petugas khusus dalam website ini.

Ekonomi
Dalam sistem lama, proses penjualan masih berjalan dengan manual, jadi dalam waktu lama proses pencetakan tiket membutuhkan biaya yang cukup besar bagi  perusahaan.

Dalam jangka panjang lebih sedikit karena biaya cetak tiket secara otomatis akan dibebankankepada para penumpang karena bersifat “tiket cetak sendiri”.

Pengendalian
Dalam proses pemesanan tiket manual masih sulit untuk dikontrol sehingga ada kemungkinan terjadi kerusakan dan kehilangan data

Sistem akan mudah mengkontrol dalam proses pemesanan dan penjualan sehingga kemungkinan terjadinya kesalahan hanya kecil.

Efisiensi
Dalam penyusunan laporan penjualan tiket masih menggunakan proses manual sehingga apabilaterjadi kesalahan, maka akan mengulangi kembali perhitungan dari awal.

Sistem yang akan dikembangkan akan jauh lebih efisien karena penyusunan laporan dapat diproseskan secara otomatis.

Servis
Pelayanan kurang maksimal terutama dalam proses pemesanan karena calon pelanggan yang ingin mengetahui harga dan melakukan pemesanan harus datang ke kantor penjualan PT LORENA KARINA TRANSPORT terdekat.

Pelayanan menjadi lebih maksimal dan cepat karena calon pelanggan tidak perlu datang langsung ke kantor penjualan tapi bisa melakukan pemesanan langsung melalui akses website dan sms gateway.



BAB III PENUTUP

KESIMPULAN

Aplikasi system pemesanan tiket dengan menggunakan website dapat di gunakan sebagai sarana penyampaian informasi tentang BUS, terminal, keberangkatan dan lain sebagainya. Website merupakan media yang tepat untuk PT KRAMAT JATI dalam memberikan pelayanan yang memudahakan bagi pelanggan untuk melakukan pemesanan tiket. Dengan adanya website pemesanan tiket online dapat meningkatkan volume penjualan tiket bagi perusahaan.PT KRAMAT JATI membutuhkan sistem yang memberikan pelayanan kepada pelanggan berupa website yang dapat diakses 24 jam nonstop sehingga pelanggan dapat mengakses tanpa batasan jarak dan waktu. Dengan dibuatkannya website pemesanan tiket online dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan citra perusahaan.

Saran
Melakukan kerjasama dengan pihak bannk untuk pemesanan dan pembatalan tiket dan terus membuat inovasi untuk menyempurnakan aplikasi, menambahkan sistem keamanan.






















19 comments:

  1. makasih sob, izin di kopas ya....

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu
    Terakbulantiket.com

    ReplyDelete
  3. kalo internetnya mati, atau servernya down, ya wassalam lah, balik maning ke loket agen,

    ReplyDelete
  4. salam...boleh saya hendak source codenya?

    ReplyDelete
  5. kalo bisnya jurusan ke malang ada ga ???

    ReplyDelete
  6. mbak boleh minta contoh database phpmyadminya ngak sekalian skrip php nya...? hehehe

    ReplyDelete
  7. asaamualaikum,,
    mbak boleh minta database sama source codenya gak,,
    buat beljar nih mbak soalnya ada tugas buat website..
    klo boleh krimin ya mbak..
    mkasih sblmnya :)

    ReplyDelete
  8. berapa biaya pembangunan sistem ini mbak.. kami bisa untuk pemasangan untuk travel bis di makassar

    ReplyDelete
  9. kami bisa share mbak... via hp.. 081343862837.. untuk penggunaan sistem reservasi online bus...

    ReplyDelete
  10.  PUSAT PEMESANAN TIKET MUDIK 2015
     SUDAH TERPERCAYA SEJAK 2002



    AC. DVD. KARAOKE REC SEAT 2 -3

     Tiket Umum Siapa Saja Boleh BIS PARIWISATA AC REC SEAT 2 - 3
     Pejagan – Ketanggungan – Prupuk – BumiAyu – AjiBarang – Purwokerto – Rawalo – Buntu – Sumpiuh – Gombong (TGL 14 JULI 2015 JAM 7 MALAM DAN JAM 9 MALAM)
    Rp.250.000
     Salatiga – Boyolali – Solo
    Rp.280.000
     Salatiga – Gemolong – Sragen
    Rp.280.000
     BanjarNegara – Wonosobo
    Rp.280.000
     Purworejo – Wates – Yogya – Prambanan
    Rp.280.000
     Sragen – Ngawi – Madiun – Nganjuk – Kertosono – Jombang
    Rp.300.000
     Madiun - Ponorogo
    Rp.300.000
     Kediri – Blitar – Kepanjen – Malang
    Rp.350.000
     Pacitan
    Rp.320.000
     Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Blora
    Rp.280.000
     Purwodadi – Cepu – BojoNegoro – Babat
    Rp.280.000
     Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya
    Rp.320.000
    http://rajatiketbus.blogspot.com/
    VIA TOL: CIKAPALI (TOL BARU CIKAMPEK – CIREBON )
    VIA TOL: CILEUNYI (NAGREK)
    BERANGKAT
    TGL: 11,12,13,14,15 DAN 16 JULI 2015
    JAM 9 PAGI DAN JAM 7 MALAM.DAN JAM 10 MALAM

    Pemberangkatan lap.SepakBola Perum Telaga Harapan
    Arus balik dari jatim ke cibitung/cikarang tgl 25 juli 2015
    Pemesana Tiket Dan Kantor Pemesanan
    Perum Telaga Harapan Jl.Telaga Wangi 2 Blok. F6/6 Cibitung Cikarang Barat Bekasi
    Jam Buka: jam 8 pagi s/d jam 10 Malam (Buka Setiap Hari)
    Hotline:Bpk.Agus Yulianto 081398672755-081806727696-085717777686 PinBB:30CC9B84

    ReplyDelete
  11. kak bole minta aplikasi nya ngga ? buat bahan referensi saya pada matakuliah proyek 1 sy , krna jdul sy mirip sm punya kakak, sy sistem informasi pemesanan tiket bus ALS

    ReplyDelete
  12. kak bole minta aplikasi nya ngga ? buat bahan referensi saya pada matakuliah proyek 1 sy , krna jdul sy mirip sm punya kakak, sy sistem informasi pemesanan tiket bus ALS

    ReplyDelete
  13. minta source kodenya boleh?....

    ReplyDelete
  14. kak boleh minta data basenya sama code buat bljr

    ReplyDelete
  15. minta source kodenya dong kak

    ReplyDelete
  16. Kak minta source code dan databasenya dong

    ReplyDelete
  17. Kak boleh minta kontaknya, mungkin kita bisa join bisa kerjsama juga. terima kasih :)

    ReplyDelete
  18. Halo kak..Boleh minta source code & databasenya?

    ReplyDelete